Home » » Survei: Publik AS Tolak Rencana Obama Serang Suriah

Survei: Publik AS Tolak Rencana Obama Serang Suriah

Mayoritas warga AS menolak rencana Presiden Barack Obama menyerang Suriah

VIVAnews - Kendati Presiden Barack Obama bersemangat untuk melakukan serangan terbatas ke Suriah, namun rencana itu dipandang sebelah mata oleh rakyatnya sendiri. Hal itu tercermin dalam sebuah survei yang dilakukan kantor berita Reuters, bekerja sama dengan Lembaga Riset Ipsos.

Hasilnya ikut dilansir Reuters, Selasa 3 September 2013. Saat ditanya mengenai rencana Obama yang ingin menyerang Suriah, sebanyak 56 persen warga AS mengatakan, sebaiknya negara mereka tidak ikut campur dalam konflik di Suriah.

Publik yang mendukung rencana itu tercatat hanya berjumlah 19 persen. Sementara 25 persen sisanya tidak tahu langkah apa yang sebaiknya diambil oleh Pemerintah AS.

Hasil survei juga menunjukkan publik lebih memilih untuk mendukung serangan itu apabila ditanyakan secara spesifik soal serangan senjata kimia. Namun lagi-lagi hasil survei menunjukkan lebih banyak warga AS yang menentang rencana penyerangan ke Suriah, karena diduga Presiden Bashar al-Assad telah membunuh 1.429 warga sipil pada tanggal 21 Agustus kemarin.

Sebanyak 48 persen menentang rencana itu, sedangkan hanya 29 persen yang menyatakan AS harus turut serta menghukum Assad karena telah melakukan pembunuhan massal. Sementara 24 persen lainnya mengaku tidak tahu.

Bahkan dalam sebuah jajak pendapat yang dilakukan secara terpisah sebanyak 65 persen mengatakan bahwa konflik yang terjadi di Suriah sama sekali bukan urusan mereka. Hasil survei serupa juga terlihat di mata publik Inggris.

Survei yang dilakukan Ipsos terhadap publik Inggris menyatakan sebanyak 58 persen menganggap bahwa Suriah bukan isu prioritas yang harus diurus oleh pemerintah mereka. Respon serupa juga ditunjukkan warga AS saat ditanyakan soal pendapat mereka apakah sebaiknya Pemerintahan Obama perlu memberikan dukungan senjata bagi kelompok Pejuang Suriah.

Hasilnya sebanyak 49 persen menentang rencana itu. Sementara hanya 29 persen yang mendukung dan 21 persen lainnya mengaku tidak tahu apakah sebaiknya mendukung atau menentang rencana tersebut.

Dari hasil tersebut, terlihat jelas bahwa respon publik AS serupa dengan warga Inggris. Bahkan Parlemen Inggris pada minggu lalu telah menolak mentah-mentah rencana Perdana Menteri David Cameron untuk ikut AS menyerang Suriah.

Survei yang dilakukan Ipsos ini dilakukan secara online dan diikuti oleh 1.195 warga AS dewasa. Survei dilakukan antara tanggal 30 Agustus dan 3 September. Hasilnya memiliki interval kredibilitas plus atau minus 3,2 persen. (umi)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : KECAMATAN SIPAHUTAR | PARNAKES MEDAN | PARNAKES JAKARTA
Copyright © 2013. KECAMATAN SIPAHUTAR - CHANDRA H SILITONGA
Template Created by Creating Website Published by Chandra H Silitonga
Proudly powered by Blogger